Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar di Banjar Kalimantan Selatan
Location
Province
Kalimantan Selatan
City
Banjar
How to Get There
Rute dari Kalimantan Selatan

Overview

Pasar Terapung Lok Baintan adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang Lok Baintan, kecamatan Sungai Tabuk Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sngai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual beragam dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam.Di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura Lokbaintan terlihat konvoi perahu menuju lokasi pasar terapung. Perahu ini milik pedagang dan petani yang akan memasarkan hasil kebun mereka. Mereka berasal dari berbagai anak Sungai Martapura, seperti Sungai Lenge, Sungai Bakung, Sungai Paku Alam, Sungai Saka Bunut, Sungai Madang, Sungai Tanifah, dan Sungai Lok Baintan.

Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan dari pusat kota bisa ditempuh dengan dua alternatif. Alternatif pertama menyusuri Sungai Martapra dengan menggunakan klotok, sejenis sampan bermesin. Dengan klotok, perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung terbilang cepat karena membutuhkan waktu 1 jam dri pusat kota. Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil. Namun, untuk alternatif kedua menemph satu jam untuk mencapai pasar terapung. Hal itu disebabkan medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku.

Aktivitas pasar terapung dimulai pada pukul 06.00 Wita sampai dengan 09.00 Wita. mereka menjual berbagai dagangan, seperti sayur-mayur, buah-buahan, kue-kue tradisional, dan lain-lain. Yang menarik dari pasar terapung adalah sistem pertukaran barang. Di pasar terapung tidak menjadikan uang sebagai alat transaksi utama. Pasalnya, penjual dan pembeli dalam pasar terapung masih menerapkan sistem barter.

Umumnya, dagangan yang akan dibarter adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Besaran dan keberimbangan jumlah hasil barter tergantung kesepakatan antarkedua belah pihak. Jika sepakat, maka masing-masing akan mendapatkan barang sesuai keinginan dan selanjutnya digunakan untuk keperluan pribadi di rumah.

 

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Terapung_Lok_Baintan   


Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. Avg. price/night
    View Detail
    Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin photo
    distance : 18.16 KM

    The Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin is perfectly located for both business and leisure guests to Banjarmasin. All of the hotel's 52 guestrooms are e ... More

  2. US$ 65
    Avg. price/night
    View Detail
    Hotel Sagita photo
    distance : 186.58 KM

    With its central location, Hotel Sagita is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Balikpapan. All hotel's guestrooms ... More

View More

Tips

Backpacker Indonesia
Mantap nian!! thanks bro.. share nya :)
436 weeks ago - comment
Muhamad Sadillah (Ableh)
satu lagi keunikan kalimantan selatan :)
437 weeks ago - comment
Track-In

People who have been here

More People

© Copyright 2019. trackpacking.com