Mercusuar Anyer

Monument di Serang Banten
Location
Province
Banten
City
Anyer Serang
How to Get There
Rute dari Banten

Overview

Di kawasan Anyer kita dapat menyaksikan menara tua yang disebut Mercusuar Anyer. Menara setinggi  75,5 meter ini terdiri dari 18 tingkat, dibangun pada masa penjajahan Belanda. Dilihat dari prasasti yang tertempel di kaki mercusuar, bangunan yang terbuat dari baja setebal 2,5cm itu sudah berusia lebih dari 170 tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1885. Sampai kini masih berfungsi memandu kapal-kapal yang lalu-lalang di malam hari.  


Menara ini diyakini sebagai titik nol jalan Anyer (Banten)-Panarukan (Jawa Timur) yang dibangun Gubernur Jenderal Daendles. Dari sinilah awal mula Daendels, Gubernur Jenderal Hindia Belanda waktu itu, memulai proyek raksasanya pada 1825.

Daendels membuat jalan ekonomi Anyer-Panarukan sepanjang sekitar 1.000 km. Proyek yang menelan korban ribuan jiwa rakyat Indonesia itu menghubungkan Cilegon, Serang, Tangerang, Jakarta (dulunya bernama Sunda Kelapa, kemudian Batavia), Cirebon, Semarang, Surabaya sampai ke Pasuruan.


Penduduk sepanjang proyek jalan tadi dipaksa bekerja tanpa dibayar atau yang populer dengan kerja rodi. Setelah selesai, jalan tadi yang dibangun dari keringat dan mayat bangsa Indonesia kemudian terkenal sebagai Jalan Daendels, atau juga dijuluki sebagai jalan Rodi.
Sayangnya, tak ada monumen atau prasasti untuk mengenang sejarah yang penuh darah itu.

 

Konon, karena Gunung Krakatau meletus, mercusuar itu hancur lebur. Puing-puing dan pondasinya masih bisa Anda lihat beberapa meter dari mercusuar. Jadi mercusuar yang ada sekarang merupakan bangunan baru.

Bangunan itu pun nyaris rata dengan tanah akibat hantaman meriam angkatan laut Jepang sekitar tahun 1942. Meski tak sampai runtuh, namun mercusuar itu sempat rusak berat. Bekas hantaman meriam itu bisa dilihat apabila Anda naik mercusuar itu, yakni berupa lubang besar yang kini sudah ditambal.

Kini, mercusuar Anyer seakan tenggelam di tengah-tengah maraknya sarana wisata modern, terutama setelah tumbuhnya resor-resor di tepi pantai. Padahal, mercusuar ini menjadi saksi bisu kekejaman penjajahan Belanda.

 

sumber : http://nsururi.multiply.com/journal/item/169/Travelogy_Mercusuar_Anyer

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. Avg. price/night
    View Detail
    Imperial Aryaduta Hotel & Country Club photo
    distance : 50.42 KM

    Welcome to the Indonesia?s finest hotels of The Aryaduta Hotel & Resort Group. Magnificent set of properties will greet you with ageless elegance acco ... More

  2. Avg. price/night
    View Detail
    FM7 Resort Hotel photo
    distance : 54.80 KM

    With its central location, FM7 Resort Hotel is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Jakarta. All of the hotel's 246 ... More

View More

Tips

Track-In

People who have been here

More People

Destination Nearby

Where to Eat

© Copyright 2019. trackpacking.com