Acara Adat Basambu (baumang) Desa Luapanggang

Kampung Adat di Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan
Location
Province
Kalimantan Selatan
City
Kandangan Hulu Sungai Selatan
How to Get There
Rute dari Kalimantan Selatan

Overview

Salam Ransel


Desa Luapanggang Kecamatan Loksado Kab. Hulu Sungai Selatan



*baru datang dibalai adat luapanggang, narsis dulu*
*di muka panggung sesaji*

Acara adat ini disebut acara adat basambu (baumang) yang bahasa indonesianya bisa kita sebut awal/bamula bercocok tanam atau bisa saya bilang benih padi yang mo beranjak dewasa,padi sebelum dipanen di gelar lah acara basambu..acara ini digelar di balai adat desa luapanggang dengan ditengah tengah balai ada panggung yang dihiasi sesaji lamang,kelapa,wadai (kue), anak nasi, ringgitan (pucuk hanau yang diringgit) sesaji tersebut ditempatkan di nyiru..tujuan sesaji tersebut untuk penyampaian kepada roh" halus nenek moyang yang turun temurun dilakukan oleh adat dayak kaharingan.


*hiasan panggung (lalaya)*



 *tarian batandik*
* numpang foto"..hehe*


*coba belajar gendang dari kulit rusa*

Tujuan acara adat basambu ini untuk benih yang ditanam akan menghasilkan padi yang banyak/memuaskan..acara adat ini dimulai jam 7 malam dihadiri tokoh" masyarakat, bapak,ibu,pemuda pemudi,dan bocah" kecil desa tersebut dan tamu dari luar kota yang juga ikut memeriahkan acara tersebut sungguh tertegun hati ini melihat kecerian mereka dan kekeluargaan yang bener"
melekat..acara dimulai dengan jamuan makan" dari warga luapanggang..setelah itu sambutan" dari tokoh masyarakat mereka sangat berterima kasih kepada aku dan teman" yang mo / dapat berhadir diacara adat mereka...Acara semakin malam semakin meriah dengan acara batandik seperti tarian mengelilingi panggung sesaji dengan gendang yang dipukul mengikuti tarian..yang lebih menakjubkan acara batandik ini dilakukan  dari jam 9 malam sampai jam 8 pagi.. Apa gak cape ya mereka yang melakukan batandik itu.. aku dan teman" tidur jam 12 an.. bangun pagi eh ternyata acara belum selesai,sungguh luar biasa orang yang melakukan batandik tersebut... Semangat mereka lah yang perlu kita tanam/tiru dalam diri kita.. semoga budaya seperti ini tidak musnah termakan jaman..Lestarikan adat budaya ini..perlunya pemerintah setempat untuk tetap melestarikan dan menjaga acara adat ini agar tidak punah..

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. Avg. price/night
    View Detail
    Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin photo
    distance : 112.29 KM

    The Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin is perfectly located for both business and leisure guests to Banjarmasin. All of the hotel's 52 guestrooms are e ... More

  2. US$ 65
    Avg. price/night
    View Detail
    Hotel Sagita photo
    distance : 164.75 KM

    With its central location, Hotel Sagita is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Balikpapan. All hotel's guestrooms ... More

View More

Tips

Muhamad Sadillah (Ableh)
Acara Basambu biasa dilakukan pada saat awal bercocok tanam
427 weeks ago - 2 comment
nayla salsabila
biasanya masyarakat adat bercocok tanamnya apa ?
426 weeks ago
muhamad sadillah (Ableh)
bercocok tanam padi mba'..
426 weeks ago
Track-In

People who have been here

More People

© Copyright 2019. trackpacking.com