Tempat Wisata Favorit Liburan Sekolah di Jakarta (2)

Posted by : Dewi Ratnasari July 3, 2012 Category : CatPer

 

Libur telah tiba. Ini berarti saatnya untuk anak-anak sekolah dan keluarga memadati tempat-tempat wisata. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta atau ingin mencoba wisata di Jakarta, ada beberapa tempat rekomendasi yang bisa dicoba untuk menghabiskan masa liburan, di antaranya:

 

Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang ini terletak di sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Harsono RM No 1, Ragunan, Pasar Minggu. Taman Margasatwa ini bertempat di lahan seluas 185 hektar. Di tempat ini, berbagai pohon besar menaunginya sehingga suasana terasa teduh dan nyaman bagi 260 jenis satwa (termasuk yang terancam punah). Sedangkan jumlah satwa yang berada disini mencapai 3122 ekor baik yang berasal dari wilayah Indonesia maupun dari luar negeri. Disini, pengunjung juga sudah bisa melihat pusat primata Schmuetzer yang berisi gorila sumbangan dari pemerintah Inggris serta aneka satwa primata lainnya.

 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan taman budaya nusantara yang menempati area seluas lebih dari 120 hektar di daerah Pondok Gede Jakarta Timur. Tempat ini merupakan miniatur Indonesia yang menampilkan segala keragaman seni, budaya serta adat istiadatnya. Keragaman ini ditampilkan melalui anjungan yang mewakili 33 provinsin di Indonesia. Selain itu, TMII juga memiliki sarana rekreasi seperti taman burung, taman anggrek, taman bunga, taman serangga, istana anak Indonesia, taman among putra, taman angsa, kereta monorel serta kereta gantung skylift.

 

Selain beberapa anjungan, ada beberapa museum yang berada di kawasan TMII antara lain museum Indonesia, museum Asmat, museum transportasi, musium Gaha Widya Putera, museum keprajuritan, museum peragaan iptek, museum Istiqlal, Museum persahabatan negara – negara Nonblok dan masih banyak lagi.

 

Selain pusat seni, budaya, dan sejarah, pengunjung juga bisa menyaksikan pemutaran film tentang Indonesia di teater Imax Keong Emas. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati segarnya air di taman wisata air Snowbay yang masih terletak di kawasan TMII.

 

Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Pekan Raya Jakarta atau PRJ merupakan pameran tahunan terbesar di Indonesia. Pameran ini biasanya diadakan dalam rangka ulang tahun Kota Jakarta selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli di Kemayoran, Jakarta Pusat. PRJ pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ pernah berlangsung di Taman Monumen Nasional.

 

Monas (Monumen Nasional)

Belum lengkap rasanya ke Jakarta bila belum mengunjungi Monas (Monumen Nasional) yang merupakan icon dari kota Jakarta. Monas merupakan salah satu alternatif wisata keluarga yang murah serta gampang diakses karena letaknya di pusat Kota Jakarta. Monas merupakan monumen yang berdiri tegak setinggi 132 meter dengan puncak berbentuk lidah api berlapis emas. Hanya dibutuhkan uang sebesar Rp 2500,00 untuk dewasa dan Rp 1000,00 untuk anak-anak untuk memasuki Monas.

Di sini kita bisa melihat sejarah Indonesia mulai dari zaman prasejarah, zaman penjajahan, zaman kemerdekaan, hingga zaman pembangunan dalam bentuk diorama-diorama seperti keadaan aslinya. Selain museum, terdapat juga ruang kemerdekaan di sebuah amphitetater dimana pengunjung dapat duduk di tangga yang berbentuk melingkar di sekeliling ruangan dan di bagian tengah terdapat atribut kemerdekaan seperti bendera merah putih, teks proklamasi, dan burung garuda berukuran besar serta peta Indonesia. Di ruangan ini juga bisa diperdengarkan lagu Padamu Negeri dan suara Soekarno sewaktu membacakan teks proklamasi. Selain itu, untuk naik ke tingkat paling atas dengan membayar kembali tiket Rp 7000,00 untuk dewasa dan Rp 3500 untuk anak-anak.

Foto : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Monas_avond.JPG



Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

© Copyright 2019. trackpacking.com