Forgot Password?
|

Resep Makanan Gudeg Khas Jogja

Posted by : Sebastian Silvestre June 15, 2015 Category : Kuliner / Jajanan

Yogyakarta begitu di kenal dengan kota pelajar. Selain sebagai kota pelajar, ternyata jogja juga di kenal dengan kota gudeg. Banyak orang yang tahu akan tentang nasi gudeg. Nasi yang di kenal enak dan lezat ini, memiliki banyak peminat. Tidak jika banyak rumah makan di jogja. Yang menyajikan menu nasi gudeg, dengan varian lauk pauk. Nasi yang di lengkapi dengan lauk, kuah santan kental nangka, telur, goreng sambal krecek, tahu, dan juga opor ayam.

Banyak orang dari luar kota yogyakarta, yang datang hanya untuk merasakan cita rasa dari nasi gudeg. Nasi gudeg sudah sangat di kenal oleh masyarakat luas. Tidak jika banyak di jumpai pedagang nasi gudeg di yogyakarta. Makanan khas jogja ini, memang mempunyai rasa yang sangat lezat. Dengan lauk yang penuh, tentu membuat para penikmat akan teras kenyang. Apalagi jika di santap, bersama keluarga. Nasi gudeg akan terasa lebih nikmat lagi.  

 Untuk satu porsi nasi gudeg, biasanya di bandrol mulai harga 8.000 hingga 27.000 ribu rupiah. Itu pun sesuai dengan menu lauk yang di pesan. Saat ini banyak perkembangan lauk untuk nasi gudeg. Membuat makanan khas jogja ini, semakin berwarna. Nasi gudeg pun di buat di rumah. Karena bahan dari nasi gudeg pun, mudah untuk di temukan. Bahan-bahan untuk membuat nasi gudeg terdiri dari :

-          Nangka muda yang sudah di rebus ½ kg.

-          Santan kental ½ liter.

-          Santan encer ½ liter.

-          Gula merah ¼ kg.

-          Daun salam 4 lembar.

-          Daun jati 2 lembar.

-          Lengkuas 2 ruas.

-          Gula pasir 2 sendok makan.

-          Garam 1 sendok makan.

-          Gunakan telur rebus atau telur bacem 2 butir.

-          2 Tahu dan tempe bacem.

Berikut bahan untuk bumbu nasi gudeg.

-          Bawang putih 6 siung.

-          Bawang merah 5 siung.

-          Kemiri yang sudah di sangrai sebanyak 5 butir.

-          Ketumbar ½ sendok makan.

Nasi gudeg dapat di sajikan bersama keluarga. Untuk resep masakan khas daerah. Pastinya sangat banyak. Nasi gudeg adalah salah satu jenis masakan daerah yang terkenal. Masih banyak lagi masakan  tradisional yang memang sangat dikenal. Karena resep masakan nusantara adalah harta yang paling berharga bagi indonesia.




Read more about Sebastian Silvestre

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes