Profile Backpacker Indonesia

Posted by : Backpacker Indonesia May 5, 2011 Category : CatPer

Sejarah Backpacker Indonesia

Backpacker Indonesia didirikan oleh Ilma Dityaningrum pada 17 Oktober 2008. Group Backpacker Indonesia atau yang biasa disebut BI ini, pertama kali dibentuk di dalam sebuah group di Facebook. Tujuan awal didirikannya BI adalah untuk mempertemukan orang-orang yang menyukai jalan-jalan ala backpacker di Indonesia. Hingga akhir tahun 2008, member BI berjumlah sekitar 90 orang. 

Lalu, pada tanggal 10 Februari, BI mengadakan ekspedisi pertamanya yang bernama Ekspedisi Malangkucecwara dengan dihadiri oleh 10 peserta. Ekspedisi ini dilakukan selama kurang lebih 5 hari untuk menjelajahi Kota Malang, Pulau Sempu di selatan Malang, madakaripura, dan Bromo. Ekspedisi pertama BI ini diikuti oleh Ilma Dityaningrum, Daicy, Andy Irawan, Bayu Amde Winata, Adhitya Prabowo, Khemal Nugroho, Ricco Suhardian, Mujtahid Aktanto, M.Rizki Sawaldi dan Sulfandi Sultan.

 

Dibulan Mei, tanggal 30-31 2009, BI mengadakan Gathering pertamanya di Bandung. Saat itu, member BI sudah mencapai 1000 di group facebook. Sebanyak 200 orang mendaftar untuk Gathering pertama di Bandung, namun kuota saat itu hanya sekitar 60 orang, maka gathering BI di bandung dihadiri oleh 60 orang member.

Setelah Gathering, di akhir tahun 2009, teman-teman yang terkumpul di BI membentuk sebuah majalah digital yaitu http://www.backpackinmagazine.com/ yang sudah menerbitkan 8 edisi.

Dan saat ini, BI memiliki sebuah partner social media bagi para pecinta jalan-jalan, yaitu http://www.trackpacking.com yang mulai beroperasi awal bulan Mei 2011.

Visi Backpacker Indonesia :

Dengan perkembangan BI maka, tujuan dan visi BI pun mulai berkembang. Hingga saat ini, Backpacker Indonesia memiliki visi dan mimpi terhadap dunia wisata di Indonesia, yaitu :

  • Dapat menunjukkan bahwa Backpacker juga bisa memiliki manfaat bagi tempat-tempat wisata dan masyarakat lokal yang hidup di dalamnya. Dengan memberikan contoh, bagaimana cara berwisata yang baik dan bijak, yang menjadi acuan bagi para wisatawan lain. Wisatawan luar dan terutama dalam negeri untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap negeri Indonesia.
  • Dengan meningkatkan wisata yang baik dan bijak, diharapkan mampu membantu ekonomi masyarakat lokal yang hidup dari wisata secara mandiri. Serta memperkenalkan daerah-daerah wisata di seluruh Indonesia kepada masyarakat luas.


Komunitas Backpacker dan pecinta jalan-jalan.
Read more about Backpacker Indonesia

You might like:

Comments

© Copyright 2019. trackpacking.com