Pantai, Primadona Pariwisata Indonesia

Posted by : Dewi Ratnasari July 26, 2011 Category : Other

 

Dimanakah tempat wisata impian anda? Pantai? Gunung? Candi? Mall? Goa?

 

Sebuah Survey kecil-kecilan yang diadakan www.trackpacking.com menyebutkan bahwa pantai dan lautan Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling digemari oleh wisatawan. Survey kecil ini dilakukan pada 200 orang dengan cara menanyakan langsung ‘kemana lokasi wisata di Indonesia yang menjadi impianmu?’. Dari 200 responden tersebut, dihasilkan 16 tujuan wisata yang berbeda-beda. Dan yang paling mencengangkan adalah delapan dari tempat tujuan wisata itu adalah pantai. Selebihnya berupa lembah, ngarai, candi, atau bahkan seluruh Indonesia.

 

Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat menempati urutan pertama atau yang paling banyak dipilih responden. Tempat wisata ini kini memang tengah menjadi primadona tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri tetapi juga wisatawan luar negeri. Lima puluh tiga responden memilih Kepulauan Raja Ampat sebagai tempat impian mereka. Kepulauan Raja Ampat adalah kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Sorong dengan luas wilayah + 4,6 juta hektar. Sekitar 85% dari luas wilayah tersebut merupakan lautan, sementara sisanya adalah gugusan pulau dan karang atol sejumlah sekitar 610 pulau. Dari ratusan pulau-pulau tersebut, hanya 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk asli. Nama Raja Ampat sendiri berasal dari cerita rakyat setempat tentang asal muasal penguasa di empat pulau terbesar di kawasan ini, yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

 

Keindahan bawah laut Raja Ampat yang akhir-akhir ini menjadi primadona karena semakin terbukanya akses informasi menuju tempat itulah yang membuat tempat ini menjadi impian banyak orang khususnya bagi mereka yang memang menyukai diving atau keindahan bawah laut. Namun, masih mahalnya biaya jangkau ke tempat inilah yang terkadang membuat Raja Ampat akhirnya hanya menjadi sebuah impian.

 

Selain Raja Ampat, Lombok, Kepulauan Wakatobi, dan Karimun Jawa juga menempati urutan atas tempat-tempat impian responden. Masing-masing daerah ini dipilih 19 responden (Lombok), 18 responden (Kepulauan Wakatobi), dan 17 responden (Karimun Jawa). Apa kesamaan yang terdapat dari tiga tempat ini? pastilah eksotisme laut dan pantai yang ada di dalamnya. Apalagi ketiga tempat tersebut juga memiliki pantai yang sangat indah dengan pasir pantai yang putih dan birunya air laut ketika terkena pantulan sinar matahari. Selain itu tak jauh-jauh pastilah ketiga tempat ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang patut dilihat untuk memuaskan para wisatawan yang suka menikmati olah raga bawah laut seperti diving.

 

 

photo by : http://www.pasirpantai.com/



Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

© Copyright 2020. trackpacking.com