Lasem : Jejak Naga di Tanah Jawa [backpackidea #5]

Posted by : Kurniawan Aji Saputra June 18, 2012 Category : Majalah Travel

 

Maraknya aksi kekerasan di Negara ini oleh violence minority atas nama agama, konflik berdarah antar daerahjuga perselisihan suku menjadi tanda bahwa bibit-bibit intoleransi sudah mulai menyebar dan mulai bertumbuh.Toleransi saja tidak cukup, kitaharus menerima keragaman, karenakeragaman adalah jati diri bangsa ini.

 

Oleh karena itu, mengingat kata-katafounding father Negara ini “jangan sekali-kali melupakan sejarah” kamimengajak pembaca untuk melihatkembali keberagaman yang bisaberjalan beriringan di Lasem selamaratusan tahun.

 

Kita bisa belajar dari selembar batik Lasem. Di dalamnya terdapat kearifan tentang keragaman budaya yang menginspirasi untuk menjaga kedamaian dalam kehidupan. Kedamaian dalam perbedaan yang sudah diajarkan leluhur. Yang kini sudah semakin terkikis dan terlupa di Negara ini.

 

Lasem, mengajak kita merenungi, juga meratapi, kondisi masyarakat kita yang semakin terbelah-belah.

 

Apa kita benar peduli?

 

Jawabannya ada dalam diri kita masing - masing.

 

selamat membaca

 

 

Rio Praditia (@rio_kriwil )

 

Link Donwload = http://backpackidea.com/download/



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

Comments

© Copyright 2019. trackpacking.com