Keliling Sumatera Luar Dalam oleh Muhammad Iqbal

Posted by : Kurniawan Aji Saputra November 27, 2013 Category : Travel Books

 

Keliling Sumatera Luar Dalam adalah kumpulan catatan perjalanan (catper) dari Muhammad Iqbal, seorang lulusan Biokimia Institut Pertanian Bogor yang ternyata lebih suka ngobrol dengan masyarakat atau narasumber, ketimbang ngobrol dengan senyawa kimia di laboratorium. Karena itulah kini Iqbal menjadi seorang jurnalis di salah satu koran bisnis, sambil tetap konsisten mengurus majalah elektronik Backpackin Magazine yang ikut dibidaninya sejak 3 tahun silam.

Sebuah catper menjadi menarik salah satunya karena ada pengalaman unik yang dialami si penulis. Mungkin sudah ribuan orang yang datang ke Way Kambas melihat gajah, tapi tidak semuanya kan bisa merasakan diajak main (alias diseruduk) oleh gajah?!

Tidak banyak juga yang tahu tentang konflik antara gajah dengan penduduk sekitar Taman Nasional Way Kambas. Berkat rajin berinteraksi dengan penduduk lokal, Iqbal jadi tahu banyak dan semua itu diceritakan di buku ini. Iqbal juga dapat tips melarikan diri kalau dikejar gajah: dikejar gajah jantan, lari ke kiri, dikejar gajah betina, lari ke kanan. Yah, siapa tahu suatu saat berguna.

Di sini tidak akan ditemukan panduan gamblang bagaimana cara menuju ke suatu tempat, apalagi rute bus dan daftar hotel, sebab penulisnya lebih banyak jalan kaki, hitchhiking dan tidur di rumah warga.

Membaca Keliling Sumatera Luar Dalam akan membukakan mata pembacanya akan banyak hal. Seperti bagaimana peraturan adat masih berjalan di suatu daerah, termasuk bagaimana di Siberut misalnya, masyarakatnya mengklaim tanah dengan cara membabat hutan, tanpa ada sertifikat dari negara, tanpa paham juga kalau yang dibabat adalah kawasan konservasi.

Penasaran seperti apa rasanya keliling Sumatera, ayo dapatkan buku Keliling Sumatera Luar Dalam oleh Muhammad Iqbal di toko buku terdekat.

 

sumber : backpackingmagazine.com, buku Keliling Sumatera Luar Dalam.

 



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

You might like:

Comments

© Copyright 2020. trackpacking.com