Desa Talaga

Posted by : Arzal Zain October 31, 2011 Category : CatPer

Desa Talaga terletak kurang lebih 150 km dari kota Palu. Bisa diakses dengan kendaraan umum selama kurang lebih 4 jam perjalanan. Dari trip kali ini saya bisa menikmati dua keindahan alam di sekitar Desa Talaga, yaitu Danau Talaga (0° 11’ 25,69” N, 119° 51’ 17,24” E) dan muara dari Danau Talaga dan yang dikenal dengan nama Pantai Bambahano (0° 13’ 4,48” N, 119° 51’ 1,19” E).

Untuk akomodasi, Desa Talaga sendiri belum memiliki penginapan. Tetapi desa-desa di sekitar Desa Talaga seperti Desa Siyoyong yang berjarak kurang lebih 3 km dari Desa Talaga telah memiliki penginapan.

Danau Talaga

Danau Talaga terletak disekitar Desa Talaga. Untuk yang senang mancing ikan air tawar, Danau Talaga bisa dijadikan pilihan spot mancing. Selain itu kekayaan fauna habitat danau juga menjadi sajian menarik di Danau Talaga. Saat menghabiskan waktu sore hari di sekitar danau akan terlihat banyak burung yang berburu ikan di permukaan danau.

Pantai Bambahano

Pantai Bambahano atau lebih dikenal dengan sebutan muara oleh masyarakat sekitar. Pantai Bambahano memang merupakan muara dari Danau Talaga. Yang menarik di Pantai ini adalah kumpulan batu-batu karang yang terletak kurang lebih 40 meter dari pantai. Kumpulan batu-batu karang tersebut telah ditumbuhi pohon-pohon keras yang tahan air asin sehingga terlihat seperti sebuah pulau kecil dan bisa diakses dengan jalan kaki. Muara juga memberikan air tawar sehingga tak perlu susah-susah mencari air tawar setelah bercebur di laut. Di Pantai Bambahano ini kita juga bisa menikmati sunrise yang ditambahkan dengan kseibukan para nelayan yang bersiap-siap mencari nafkah di laut.

Pantai Bambahano dari Desa Talaga kurang lebih 20 menit perjalanan. Terus ikuti jalan trans sampai pada tugu pengarah Desa Sabang dan kemudian ambil jalan kecil di kiri dari tugu. Terus ikuti jalan kecil tersebut sampai di Pantai Bambahano.




Read more about Arzal Zain

Comments

© Copyright 2019. trackpacking.com