Clorot : Makanan Khas Purworejo

Posted by : Kurniawan Aji Saputra May 18, 2011 Category : Kuliner / Jajanan

Ada yang tahu clorot? Ini adalah makanan tradisional khas Grabag. Terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. rasanya manis, kenyal. Yang unik dari Clorot adalah cara membungkusnya, menggunakan daun kelapa muda, dibuat melingkar, berulin, memanjang, tengahnya diisi adonan, lalu dikukus.

Untuk memakannya juga butuh cara yang unik, yaitu ditusuk dengan jari dipangkalnya, maka keluarlah. Ini agak porno kalau menusuknya menggunakan jari tengah.

Makanan ini favorit sebagai hidangan arisan, pertemuan kecil, rapat di balai desa. walaupun termasuk kue segar, Clorot bisa tahan hingga esok hari. Dulu waktu masih sekolah di Jogja, clorot merupakan oleh-oleh favorit saya,(selain Emping Melinjo ) yang ditunggu teman-teman, serunya waktu membuka bungkusnya, bareng-bareng “mana yang paling panjang?”.

Bagi yang kebetulan main ke Grabag jangan lupa beli untuk oleh-oleh. Tersedia banyak di Pasar Kecamatan Grabag, tapi membelinya pagi hari. Siang hari pasti sudah habis, laris.

 

sumber : http://bloggerpurworejo.com/2008/06/mengenal-makanan-khas-clorot/



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

You might like:

Comments

© Copyright 2020. trackpacking.com