Chocodot : Jajanan Asli Garut

Posted by : Dewi Ratnasari October 3, 2012 Category : Kuliner / Jajanan

Garut dikenal sebagai salah satu wilayah di Jawa Barat dengan destinasi wisatanya yang beragam. Selain itu, Garut sangat dikenal dengan ikon kulinernya yaitu dodol Garut. Namun, selain dodol, kini Garut punya ikon kuliner baru yaitu chocodot. Chocodot yaitu coklat isi dodol Garut. Ya, kini Garut telah menjelma sebagai kota cokelat. Berbagai macam variasi nama, rasa, kemasan, hingga bentuk cokelat ada di Garut sebagai campuran dari dodol.

Chocodot pertama kali dikenalkan oleh seorang asli Garut yang bernama Kiki Gumelar. Di bawah bendera Tama Chocolate, Kiki melakukan inovasi terhadap dodol Garut dengan menambahkan varian coklat di dalamnya. Chocodot pertama kali dikenalkan pada Agustus 2009 sebagai salah satu temuan baru kuliner Garut. Selain itu, chocodot juga dikenalkan untuk meningkatkan nilai jual dodol makanan khas Garut.

Pada dasarnya, cokelat campuran pada chocodot merupakan jenis-jenis dasar cokelat yang biasa digunakan sebagai campuran makanan. Cokelat-cokelat tersebut adalah dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Cokelat-cokelat tersebut biasanya dilelehkan dan dicetak kembali dengan isian dodol pada bagian tengahnya. Beraneka rasa dodol seperti dodol keju, dodol cokelat, atau dodol buah-buahan rasa sirsak, duren, dan sebagainya diisi di tengah cokelat-cokelat tersebut. Campuran tersebut kemudian didinginkan hingga keduanya menyatu. Sementara itu, chocodot memiliki campuran rasa yang lain dari pada yang lain yaitu perpaduan antara atekstur dodol yang kenyal dan juga rasa cokelat yang manis.

Ada satu hal lagi yang membuat chocodot semakin digemari. Selain rasa, chocodot juga memiliki kemasan yang unik. Produsen chocodot tak henti-hentinya berinovasi dengan membuat nama-nama cokelat yang unik dan lucu. Sebutlah Cokelat Anti Galau, Cokelat Enteng Jodoh, Cokelat Gawat Darurat, dan Cokelat Tolak Miskin. Dalam kemasan masing-masing varian cokelat tersebut pun terdapat tulisan-tulisan yang bisa membuat pembacanya tertawa saat membacanya.

Seiring perkembangan zaman, produsen chocodot membuat inovasi-inovasi baru. Produsen chocodot menambah rasa chocodot dari mulai menambahkan rasa yang lazim hingga yang dianggap aneh dicampurkan dengan bahan cokelat. Kini chocodot juga hadir dengan campuran brownis atau yang biasa disebut Brodol (brownis dodol), gagel atau Garut geulis cokelat yaitu cokelat dengan isi krim aneka buah yang dikemas dengan besek tradisional yang sangat unik, Van Java Cokelat yang memberikan sensasi cokelat rasa rempah-rempah khas Jawa Barat (sebut saja rasa jahe, cabai, bandrek, bajigur, beras cikor, sekuteng, dan kacang), ada pula Rangicok yaitu paduan antara kerupuk rangginang yang dicelup cokelat, serta tak ketinggalan pula Cokelat Dogar (cokelat domba garut) yang menggabungkan kreasi cokelat dengan produk inovasi abon daging dan abon ikan, hingga Cokor (cokelat korma).

Chocodot ini bisa diperoleh langsung dengan mengunjungi Garut atau dipeasan secara online pada online store chocodot. Kini, chocodot juga telah merambah tak hanya luar daerah, tetapi juga luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Australia.



Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

© Copyright 2019. trackpacking.com