Forgot Password?
|

7 Pulau di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Posted by : Dewi Ratnasari November 17, 2015 Category : Itenarary

Indonesia memang menjadi surga bagi para penikmat laut dan pantai. Salah satu wisata bahari yang bisa menjadi pilihan adalah Kepulauan Seribu. Bagi mereka yang tinggal di ibukota, tak perlu jauh-jauh untuk bisa mendapatkan pemandangan birunya air laut dan pasir putih, karena di kabupaten yang masih masuk wilayah DKI Jakarta ini tersimpan banyak pulau yang bisa dikunjungi dan memanjakan diri kita. Berikut pulau-pulau cantik yang saying untuk dilewatkan bila kita berwisata ke Kepulauan Seribu:

 

  •  Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah pulau yang paling terkenal dan menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terkenal dengan jembatan cintanya yaitu jembatan panjang yang membentang yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung merupakan sebuah nama kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke. Indahnya pulau ini, birunya laut, serta pasir putih yang menghangatkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Maka tak heran, jika banyak biro perjalanan yang menawarkan paket khusus ke Pulau Tidung.  

 

  •   Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau yang tak kalah indah di gugusan Kepulauan Seribu. Tak heran, banyak orang memilih untuk berwisata kesini, salah satunya adalah pasangan Ibas Yudhoyono dan Aliya Rajasa baru-baru ini. Pulau ini terletak di sebelah Pulau Kelapa. Di pulau ini, pengunjung bisa duduk di jembatan kayu sambil menikmati birunya laut, cerahnya langit, atau bahkan pemandangan bawah laut. Oh ya, pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam air. Di sekitar pulau Harapan juga terdapat penangkaran salah satu jenis elang langka yakni Elang Bondol.

 

  • Pulau Bira

Meski tak sepopuler Pulau Tidung atau Pulau Pramuka, Pulau Bira tetap saja menyimpan keindahan alam yang eksotis. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan watersport yang telah disediakan di pulau ini. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving di pulau ini. Jangan lupa juga untuk menikmati indahnya sunset yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk di dermaga Pulau Bira. Untuk penginapan, pengunjung bisa menginap di rumah-rumah kayu yang ada di pulau ini.

 

  • Pulau Pari

Tak hanya menawarkan birunya laut, lembutnya pasir putih, hangatnya sinar matahari, dan indahnya panorama bawah laut, di pulau ini juga terdapat kumpulan tanaman bakau yang tumbuh di tepi pantai. Ya, karena selain sebagai destinasi pariwisata, ternyata Pulau Pari juga dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus tempat yang memungkinkanbagi para pengunjung untuk belajar tentang keanekaragaman kekayaan laut. Pulau Pari ini juga difungsikan sebagai tempat penelitian oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang melakukan beberapa penelitian untuk menjaga dan melestarikan alam di Pulau Pari ini.

 

  •  Pulau Bidadari

Letak Pulau Bidadari tidak sejauh pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Pulau ini terletak sekitar 15 km dari daratan Jakarta. Tak heran ketika sampai di pulau ini, pengunjung masih bisa melihat gedung-gedung Kota Jakarta. Selain menyimpan keindahan alam, pulau ini juga menyimpan sejarah. Di sini terdapat Benteng Martello (benteng peninggalan sejarah Belanda) serta meriamnya yang  tepatnya berada di Pulau Kelor. Dahulu Benteng Martello berfungsi sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. ReruntuhanBenteng Martello yang konon dulunya berdiri megah juga menjadi daya tarik tersendiri di pulau ini.

 

  •  Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan tempat dimana pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu berada. Tak heran jika pulau ini memiliki fasilitas umum yang paling lengkap, mulai dari sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, hingga lapangan untuk berolahraga. Selain bisa menikmati eksotisme laut khas pulau-pulau di Kepulauan Seribu, pengunjung juga bisa berkunjung ke tempat penangkaran Penyu Sisik di Pulau Pramuka. Di sini para pengunjung diajak secara dekat untuk melihat kehidupan Penyu Sisik yang bisa dibilang langka dan menjadi hewan yang harus dilindungi. Selain itu, ada beberapa restoran yang bisa pengunjung nikmati serta berbagai macam cinderamata yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh di pulau ini.

 

  • Pulau Putri

Bagi mereka yang memiliki rencana untuk ke Kepulauan Seribu, pulau yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Selain keindahan laut yang menenangkan hati, pulau ini juga memiliki undersea aquarium atau akuarium bawah laut. Para pengunjung bisa menikmati terowongan bawah laut dengan panjang yang mencapai 100 meter di pulau ini. Di akuarium bawah laut itu, pengunjung akan disuguhi karang yang indah dan melihat beragam ikan hias yang ada di Pulau Putri. Selain itu, fasilitas wisata yang sangat lengkap juga ada di pulau ini. Bagi pengunjung yang suka menikmati sunset, bisa melihat pemandangan sunset yang begitu cantik menggunakan perahu. Sunset di pulau ini sering disebut dengan nama “Sunset Cruise”. 



Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes