Forgot Password?
|

5 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Cicipi

Posted by : Leonardus Govinda September 16, 2016 Category : Kuliner / Jajanan

Martabak Sagu ala Papua

Sumber: arraziibrahim.com

 

Sebagai salah satu wilayah Indonesia yang memiliki budaya serta tradisi yang unik, jelas saja Papua juga memiliki wisata kuliner yang tidak hanya enak tapi juga dijamin akan membuat Anda ketagihan. Apalagi, daerah yang bisa dikatakan jarang tersentuh oleh budaya luar ini membuatnya mampu menghasilkan cita rasa makanan yang juga asli khas Papua.

Maka wajar saja jika Papua berhasil memiliki menghadirkan makanan khas yang akan sangat Anda sesali jika tidak sempat mencicipinya. Makanan apa sajakah itu?

Berikut jawabannya:

 

Sate Ulat Sagu

Terdengar menakutkan memang bagi sebagian orang jika mendengar makanan yang menjadikan ulat sebagai bahan utamanya. Tapi tidak halnya dengan Papua yang menjadikan ulat sagu sebagai bahan utama pembuatan sate. Bahkan sate ulat sagu menjadi salah satu makanan khas Papua dengan cita rasa yang dijamin mampu membuat Anda melupakan rasa ngeri atau bahkan rasa jijik sekalipun. Makanya, penasaran untuk mencoba bukan?

 

Papeda

Papeda merupakan makanan khas Papua lainnya yang juga menjadikan sagu sebagai bahan utamanya. Papeda sangat mirip sekali teksturnya dengan bubur, sehingga makanan khas Papua ini juga akrab dengan sebutan bubur sagu.

Papeda juga disajikan di restoran-restoran besar maupun menu utama di usaha catering. Memasaknya pun mudah dan tak memperlukan bumbu yang bermacam-macam.

 

Martabak Sagu

Masih seputar sagu. Makanan khas Papua lainnya selain sate ulat sagu serta pepeda adalah martabak sagu. Meski nama martabak sudah tidak asing lagi, namun martabak sagu khas Papua ini jelas saja berbeda dengan martabak lainnya. Martabak khas Papua ini menjadikan gula merah asli sebagai penambah rasa martabak, sehingga cita rasanya juga sangat khas dan harum.

Martabak ini dimasaknya cukup mudah, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah, cukup ikuti resep yang ada dan masak dengan menggunakan ovens untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Udang Selingkuh

Namanya saja sudah unik, tentu saja cita rasanyapun akan sangat menggoyang lidah Anda. Ya, udang selingkuh yang merupakan salah satu makanan khas Papua ini menjadi makanan yang banyak digemari di Papua khususnya bagi mereka yang senang dengan seafood.

 

Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar Manokwari merupakan makanan yang menjadikan ikan tongkol sebagai menu utamanya. Yang berbeda dari makanan khas Papua ini adalah bumbunya yang sedap dari rempah asli Indonesia yang dijamin mampu membuat Anda ketagihan.

 

Meski Papua terbilang merupakan daerah yang jarang di ekspose, namun bukan berati Papua tidak memiliki daya tarik. Terbukti dengan banyaknya makanan khas Papua seperti 5 makanan khas Papua diatas yang banyak digemari oleh wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara.




Read more about Leonardus Govinda

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes